Sejarah Berdirinya Sekolah Dasar Negeri 1 Kawan Bangli

0 42

Sejarah Berdirinya Sekolah Dasar Negeri 1 Kawan

Secara administrasi Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Kawan beralamat di Jalan Nusantara No. 2 Bangli, Desa Kawan, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Dengan titik koordinat 50 L 0319069, 9065171 UTM, pada ketinggian 451 Mdpl.

SD Negeri 1 Kawan memiliki luas lahan 1.256 M², Dengan batas-batas :

  • Utara : Pemukiman;
  • Timur : Pemukiman;
  • Selatan : Bank BPD;
  • Barat : Jalan Raya Nusantara.

Jarak tempuh ± 90 menit dr kota Propinsi, SD Negeri 1 Kawan terdiri dari 1 (satu). Bangunan utama dgn 3 (tiga) ruangan Kelas, 1 (satu) ruangan Guru, 1 (satu) ruangan. Perpustakaan dan dipakai juga untuk ruangan rohani, dibagian belakang terdapat kantin sekolah.

Menurut Anak Agung Made Oka selaku Kepala Sekolah sekaligus Penglingsir Puri Agung Bangli bahwa riwayat kepemilikan berupa lahan/tanah dari SD negeri 1 Kawan pada awalnya merupakan tanah milik dari Puri Agung Bangli yang berlokasi di Banjar Puri Agung, Kelurahan Kawan.

Pada masa kolonial Belanda tanah due (tanah milik puri) di gunakan sebagai tempat membangun sekolah yang pada saat itu bernama Hollandsch Inlandsche School (HIS) yang selanjutnya berkembang menjadi Sekolah Rakyat (SR).

Sesuai dengan tujuan didirikannya HIS sebagai tempat memberikan pendidikan kepada orang-orang pribumi, seperti ilmu berhitung, ilmu pertanian/teknik pertanian yang dikenal dengan istilah Land Bouw. Pada awalnya yang bersekolah di HIS adalah anak-anak dari kalangan bangsawan baik Belanda maupun bangsawan pribumi, seperti anak dari punggawa kerajaan, sampai yang bekerja di kantor gubernur Belanda. Selanjutnya pada saat menjadi Sekolah Rakyat mulai masyarakat kalangan bawah diberikan pendidikan di sekolah ini. Ilmu yang diajarkan lebih pada cara bertani, teknik pertanian seperti berkebun kopi, jeruk peras, buah-buahan sampai pada pertanian (sawah).

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbali/sejarah-berdirinya-sekolah-dasar-negeri-1-kawan-bangli/
Comments
Loading...