Sejarah berdirinya Madrasah Ibtidaiyah Jajar

0 29

Sejarah berdirinya Madrasah Ibtidaiyah Jajar

Madrasah Ibtidaiyah Jajar Kecamatan Gandusari kabupaten Trenggalek mempunyai sejarah yang cukup panjang, sebab pada mulanya madrasah ini hanya bergerak dalam penanaman pengetahuan agama semata-mata. Proses belajar mengajar pada waktu itu dilaksanakan pada waktu sore hari dan bertempat di masjid-masjid dan di rumah-rumah penduduk. Pengasuhnya tamatan pondok pesantren. Pada tahun 1967 tepatnya tanggal 10 September 1967 timbullah kesepakatan bersama dari para tokoh0tokoh masyarakat setempat dan masyarakat sekitarnya untuk mendirikan lembaga pendidikan yang berstatus formal, disamping mengajarkan pengetahuan agama juga mengajarkan pengetahuan umum.

Atas dukungan para tokoh masyarakat dan partisipasi dari masyarakat muslim khususnya di Desa Jajar, maka gagasan ini dapat terwujud dan berdirilah Madrasah 6 tahun sebagai lembaga pendidikan formal di bawah naungan Departemen Agama. Karena mendapat dukungan yang positif dari seluruh masyarakat muslim Desa Jajar, Maka Madrasah Ibtidaiyah Jajar Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek ini cepat berkembang dan tumbuh menjadi lembaga pendidikan yang tidak kalah mutunya dengan lembaga pendidikan dasar yang ada di Desa Jajar Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek. Hal ini terbukti dengan status yang disandangnya dengan nomor statistik Madrasah : 1123503080073.

Madrsah Ibtidaiyah Jajar terletak di wilayah Kabupaten Trenggalek. Tepatnya terletak di Desa Jajar, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek. Madrasah Ibtidaiyah Jajar berdiri di atas tanah seluas kurang lebih 1968.75 m2 dan luas bangunan 1376.60 m2 dengan batas-batas sebagai berikut :
a. Sebelah utara berbatasan dengan tanah milik desa.
b. Sebelah timur berbatasan dengan perumahan penduduk.
c. Sebelah selatan berbatasan dengan perumahan penduduk, dan
d. Sebelah barat berbatasan dengan Jalan raya Gandusari-Watulimo.

Source http://bojezdoel.blogspot.com http://bojezdoel.blogspot.com/2012/06/sejarah-berdirinya-madrasah-ibtidaiyah.html
Comments
Loading...