Sejarah berdirinya Desa Pasiripis

0 31

Sejarah berdirinya Desa Pasiripis

Pada mulanya Desa Pasiripis suatu kampung yang dipimpin oleh tokoh masyarakat yang bernama Bapak Sariman, Kampung ini masih menginduk ke Pemerintahan Desa Biyawak.menurut cerita pada th 18-17 Maha Prabu Demak akan meminang Putra Mahkota Sinuhun Cirebon. Dalam iringan atau arak arakan pararombongan sibuk membawa barang barang untuk membawa keperluan Lamaran.Bahkan empat orang memikul tandu yang berisi barang perhiasan sebagai sarat lamaran.

Beberapa hari menjelang Pagi pararombongan melewati wilayah Cirebon.bahkan nyasar ( kesasar ) ke wilayah kerajaan Talaga.ketika tiba di perbatasan talaga para rombongan di hadang oleh dua orang putra mahkota talaga beserta para prajuritnya yang sedang berjaga. Mereka merasa kaget dengan kedatangan para rombongan kerajaan demak tanpa ada kabar sebelum nya. Akhir nya para rombongan di hentikan oleh putra mahkota yaitu raden pucuk umun dan adik nya ki ageng sela pandan dan langsung memberi teguran karena merasa di permalukan dan tersinggung dengan adanya teguran dari pihak talaga yang se akan – akan mengusir dan menghina.

Akhirnya kedua belah pihak bertengkar dan terjadi peperangan yang tida bias di hindarkan lagi .karena kalah jumlah dan peralatan akhirnya putra mahkota talaga mundur dan tunggang langgang. Dalam pelarian putra mahkota pucuk umun putra lari kea rah utara dan nyi ageng sela npandan kea rah barat yaitu banten. Saat pelarian nya raden pucuk umun putra sempat bersembunyi di daerah kerangkeng. Namun tida beberapa lama tempat itu di ketahui oleh pasukan Cirebon karena di taklukan untuk di islamkan.

Begitu akan di tangkap raden pucuk umun putra berubah wujud menjadi sebuah tongkat yang menancap di tanah. Karena tida berhasil menangkap raden pucuk umun putra akhirnya pasukan Cirebon pun pulang tanpa membawa hasil. Dan tongkjat itupun berhasil di temukan oleh seorang kake yang bernama kisana. Dan tongkat itupun berhasil di cabut dan dikuburkan di tanah merah yang ber pasir tipis yang diberi nama buyut iteuk serta bekas tancapan tongkat keluar air kemudian di beri nama angsana dan tempat itupula di tanam sebuah pohon yang kemudian di kenal sebagai pohon angsana.

Source https://nurussyahid.blogspot.com https://nurussyahid.blogspot.com/2017/01/profil-dan-riwayat-desa-pasiripis.html
Comments
Loading...