Sejarah Benteng Madang Kalimantan Selatan

0 93

 Benteng Madang

Benteng Madang merupakan salah satu situs bersejarah yg berada di Desa Madang, Kecamatan Padang Batung ,Kabupaten Hulu Sungai Selatan.Benteng ini dibangun seiring dengan pecahnya Perang Banjar pada tahun 1859.Benteng ini dibangun atas permintaan Pangeran Antasari dan Demang Lehman kepada Tumenggung Antaludin. Dulunya pada jaman Belanda Benteng Madang merupakan salah satu benteng pertahanan pribumi,benteng ini dibangun dengan kayu dari pohon Madang dan dari bambu yg tumbuh disekitarnya.Pada jamannya benteng ini tidak pernah tertembus oleh pasukan Belanda.

Pihak Belanda sudah mengeluarkan banyak biaya,amunisi, dan pasukan untuk membobol benteng ini,tapi tidak pernah berhasil.Konon katanya pernah ada pasukan Belanda yg mencoba untuk melihat benteng ini pada malam hari dari dekat namun mereka tidak melihat apa-apa selain semak belukar.

Benteng ini diperkirakan mempunyai ukuran seluas 400m2 dengan dua tingkat agar lebih mudah memantau musuh,katanya dulu para pasukan pribumi menggelindingkan batang pohon dari atas gunung untuk menghalau pasukan Belanda yang mencoba menaiki gunung.

Setelah berperang cukup lama akhirnya pasukan Belanda dapat menerobos Benteng Madang namun yg mereka temui hanya benteng kosong dengan satu mayat yg ditinggalkan disana,para pasukan pribumi sendiri sudah ditarik mundur dari benteng tersebut. Untuk mengenang bahwa ada benteng di atas Gunung Madang maka dibuat sebuah replika Benteng Madang dari semen,pemandangan dari atas nya pun sangat indah.

Source http://arifbillah123.blogspot.com http://arifbillah123.blogspot.com/2014/10/benteng-madang.html
Comments
Loading...