Sejarah Bendungan Wonorejo

0 172

Bendungan Wonorejo

Bendungan Wonorejo secara administratif terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Pagerwojo, Tulungagung. Bendungan ini berjarak 11 km dari pusat Tulungagung dan 40 km dari Blitar. Bendungan ini didirikan pada tahun 1992.

Merujuk pada keterangan-keterangan yang ada, diketahui bahwa bendungan ini berada dibawah pengelolaan Perum Jasa Tirta I Divisi Jasa Air dan Sumber Air (ASA) II. Sebagai sumber air, bendungan ini memiliki kapasitas tampung air bruto 122 juta meter kubik, kapasitas tampung air netto 106 juta meter kubik. Sebagai pembangkit tenaga listrik,bendungan ini memiliki kapasitas pembangkit sebesar 7 mVA, kapasitas turbin 6,5 mW, dan voltage 20 kV.

Dari sisi kepariwisataan, ada beberapa fasilitas pendukung antara lain: resort, gedung serba guna, gardu pandang, tempat parkir, restaurant, cottage, mushola, toilet, kolam renang, play ground, dan mini teater. Dengan fasilitas yang sedemikian lengkap dan panoramanya yang memukau, Bendungan Wonorejo sangatlah recommended untuk tujuan wisata.

Source https://travellersblitar.com https://travellersblitar.com/edisi-spesial-bendungan-wonorejo/
Comments
Loading...