Sejarah Bendungan Eretan

0 111

Bendungan Eretan

Bendungan Eretan merupakan sebuah bendungan yang berada di aliran Sungai Cimanuk. Lokasinya berada di dekat Kampung Eretan/Dusun Cihideung Desa Kadujaya Kecamatan Jatigede. Tepatnya di sebelah barat daya Kampung Eretan dengan jarak sekitar seratur meter dari ujung kampung. Penamaannya mungkin dikaitkan dengan lokasinya yang berdekatan dengan Kampung Eretan sehingga dinamakan Bendungan Eretan.

Bendungan Eretan dibangun semenjak jaman penjajahan Belanda, sebelum Negara Republik Indonesia merdeka. Ada tembok yang sengaja dibangun dengan melintasi aliran sungai Cimanuk untuk menahan aliran air dan mengalirkannya ke pintu air menuju kolam reservoir yang letaknya di sebelah timur aliran sungai Cimanuk ke arah Kampung Eretan. Kolam reservoir ini berukuran sekitar 50 x 15 meter.

Semenjak tahun 1955, Bendungan Eretan ini dikelola oleh PLTA Parakan Kondang Unit Saguling (PT. Indonesia Power). Bendungan Eretan ini dimanfaatkan untuk menjadi sumber air dalam menggerakkan turbin di pembangkit listrik yang terletak di Parakan Kondang. Air sungai Cimanuk yang terhalangi oleh bendungan, masuk ke pintu air dan menuju ke kolam reservoir bendungan Eretan. Kemudian air dialirkan ke pembangkit listrik Parakan Kondang menggunakan pipa.

Untuk menjaga aliran air tetap lancar menuju ke PLTA Parakan Kondang, di pintu air menuju kolam reservoir terdapat petugas yang sigap membuang berbagai benda yang yang bisa menghalangi aliran air yang menuju ke pipa PLTA. Berbagai benda seperti sampah yang terbawa aliran air akan disingkirkan dari aliran air menuju kolam reservoir. Petugas yang siaga selama 24 jam yang terbagi ke dalam tiga shift. Satu shiftnya terdapat tiga orang petugas.

Saat ini, bendungan Eretan ini terletak sekitar seratur meter di sebelah hilir pembuangan air bendungan Jatigede. Namun kondisinya, tidak terganggu oleh adanya bendungan Jatigede. Walau aliran sungai Cimanuk terhalang bendungan Jatigede, selama aliran airnya mengalir ke hilir bendungan Jatigede, pasokan air ke bendungan Eretan tidak hilang.

Source http://sumedangtandang.com http://sumedangtandang.com/direktori/detail/bendungan-eretan.htm
Comments
Loading...