Sejarah Bandoengsche Melk Centrale (BMC) Bandung

0 84

Bandoengsche Melk Centrale (BMC)

Bangunan bangunan tua jaman Belanda bisa membuat lebih betah.  Di dinding ruangan BMC, terpasang foto-foto kota Bandung jaman dulu seperti Jalan Braga tempo dulu. BMC berdiri pada akhir tahun 1928, dan bangunan intinya tidak berubah sampai sekarang.

Menurut laman bmc-bandung.com, BMC adalah koperasi susu pertama yang menerapkan manajemen modern dan peralatan pabrik pengolahan susu berteknologi tinggi pada zaman Hinda-Belanda.  BMC juga  adalah satu-satunya koperasi pusat pengolahan susu dan termodern saat itu, karena sudah melakukan pengolahan susu dengan sistem pasteurisasi.

Di Wikipedia disebutkan Pasteurisasi adalah sebuah proses pemanasan makanan dengan tujuan membunuh organisme merugikan seperti bakteri, virus, protozoa, kapang, dan khamir. Proses ini diberi nama atas penemunya Louis Pasteur seorang ilmuwan Prancis. Tes pasteurisasi pertama diselesaikan oleh Pasteur dan Claude Bernard pada 20 April 1862.

Pengelolaan BMC dipegang PT Agronesia yang didirikan pada  17 Juni 2002 melalui SK Menteri Kehakiman RI no. Y.A 7/6/25 Tgl 22-3-1982 juncto No. C.87-HT.03.01 Th 1990 Tgl 8-10-1990 serta Akta Notaris Popy Kuntari Sutresna, SH,M Hum no.8 Thn 2002.

Source https://www.serbabandung.com https://www.serbabandung.com/bandoengsche-melk-centrale/
Comments
Loading...