Sejarah Aula Serbaguna DJKN

0 105

Aula Serbaguna DJKN

Gedung yang dibangun tahun 1916 ini ditujukan untuk sekolah pendidikan dokter (School tot Opleiding van Indische Artsen/STOVIA). Kemudian pada tahun 1927, gedung ini dinamai Geneeskundige High School (GHS) atau Sekolah Tinggi Ilmu Kedokteran kemudian beralih menjadi gedung Dienst van Volksgezondheid (Departemen Kesehatan). Pada masa pendudukan Jepang, gedung ini dijadikan asrama untuk Mahasiswa baru Ika Daigaku (Lembaga Pendidikan Kedokteran yang dibuka tanggal 29 April 1943 dan ditutup pada bulan Agustus 1945).

Nama asrama mahasiswa Kedokteran ini kemudian lebih dikenal dengan istilah Ika Daigaku Dormitory. Asrama ini sering dijadikan oleh para mahasiswa untuk melakukan pertemuan dalam menyusun strategi untuk mengusir penjajahan Jepang. Sutan Sjahrir adalah salah satu tokoh politik yang mengadakan diskusi-diskusi politik dengan para generasi muda di asrama ini. Di asrama ini pula perumusan konsepsi bentuk Negara Indonesia dimatangkan oleh para mahasiswa.

Pada tahun 1976, gedung ini diambil alih oleh Panitia Urusan Piutang Negara dan dijadikan sebagai Kantor Badan Urusan Piutang Negara dengan tugas mengurus penyelesaian piutang Negara. Setelah itu sejak tahun 2000 hingga kini gedung tersebut digunakan sebagai Aula Serbaguna oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Jakarta.

Source https://www.kemenkeu.go.id https://www.kemenkeu.go.id/profil/sejarah/heritage-bangunan-keuangan/
Comments
Loading...