Sejarah Singkat SMP N 13 Pekalongan

0 91

Lokasi SMP N 13 Pekalongan

SMP N 13 Pekalongan terletak di Jl. Jend. Sudirman No. 26, Podosugih, Kota Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah.

Sejarah SMP N 13 Pekalongan

Sekolah dengan nuansa asri namun menyeramkan itu terletak di Perempatan ponolawen. Betul saja jika nampak seram karena sekolahan ini merupakan saksi bisu penjajahan yang terjadi di Kota Pekalongan.

Sekolah SMPN 13 ini dahulunya disebut dengan “Ambachtschool” yang didirikan oleh Pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1928. Ambachtschool ini merupakan sekolah teknik pertukangan yang waktu itu dinilai sangat cocok untuk orang-orang Pekalongan. Sekolah ini berdiri atas inisiasi dari catatan Residen Pekalongan Johan Ernest Jasper, menurutnya pelajaran yang cocok dengan karakter orang Pekalongan yang memiliki jiwa enterpreneur adalah sekolah yang disertai berolahraga, berkebun, bermain, dan berwiraswasta.

Pada Awalnya sekolah ini menempati Gedung Gajah yakni sebuah rumah besar dengan berbagai patung hewan di jalan Kerimunan (sekarang Jalan Salak). Kemudian permintaan dan minat untuk bersekolah terus bertambah, sehingga pihak sekolah memindahkan lokasi ke Jalan Sudirman (sekarang belakang pegadaian).

Pada tahun 1942 ketika masa pendudukan Jepang di Pekalongan, sekolahan ini sempat di bakar sampai hangus oleh tentara Jepang yang kejam. Namun, oleh  semua peralatan teknik yang ada di sekolah itu berhasil di selamatkan dengan cara di sembunyikan di lubang yang dibuat di sekitar halaman sekolahan. Tak sampai disitu saja, pihak tentara Jepang pun menjadikan bangunan sekolah ini sebagai markas pasukan mereka.

Setelah Indonesia merdeka, tepatnya setelah masa revolusi , sekolah ini berkembang dengan memperbanyak jurusan diantaranya Perkapalan, Listrik, dan Bangunan. Sekolah Teknik Negeri (ST Negeri) ini berlangsung sampai tahun 1993, kemudian berubah menjadi SLTP Keterampilan sampai tahun 1994. Namun, pada tanggal 23 April 1994 melalui SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada saat itu Prof. Wardiman, terjadi peralihan fungsi dari SLTP Keterampilan menjadi SMP Negeri 13.

Source SMPN 13 Pekalongan Jawa Tengah
Comments
Loading...