SDN Regol VII dan X Garut

0 49

SDN Regol VII dan X

Terletak di jalan Ranggalwe, Kelurahan Regol, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut. Bangunan SD Negeri Regol Vii dan X dibangunan pada tahun 1912 berfungsi sebagai sekolah Kautamaan Isteri didirikan oleh Rd. Ayu Lasminingrat (istri bupati Garut R.A.A Wiratanudatar VIII) yang disahkan oleh gubernur Jenderal Belanda denagn akte nomor : 12 febuaru 1913 disebut “Vereeneging Kautamaan Isteri Shoolen” (Organisasi Sekolah Kautamaan Isteri).sebenarnya kurang lebih dua tahun setelah Rd. Dewi Sartika mendirikan “Sakolah Isteri” (1905) di Bandung, maka pada tahun 1907 Rd. Ayu Lasminingrat membuka sekolah yang sama di Garut dengan mengambil tempat ruang gamelan kabupaten.
Pada masa kependudukan Jepang, sekolah kautamaan isteri berubah menjadi sekolah rakyat, dimana murid-muridnya tidak hanya wanita. Sedangkan sejak tahun 1950 menjadi sekolah dasar negeri Ranggalawe I dam IV yang dikelola oleh dinas Pendidikan dan kebudayaan. Pada tahun 1990-an berubah menjadi SDN Regol VII dan X hingga sekarang.
Source https://gpswisataindonesia.wordpress.com https://gpswisataindonesia.wordpress.com/2016/04/19/wisata-sejarah-di-garut-jawa-barat/
Comments
Loading...