SDN Kota Kulon I dan II Garut

0 87

SDN Kota Kulon I dan II

Terletak di Jl. Ciledug No. 213, Kampung Paledang, Kel. Kota Kulon, Kec. Garut Kota. Bangunan Sekolah Dasar Negeri Kota Kulon I dan II didirikan pada tahun 1952 oleh Yayasan Budi Priayi. Semula bangunan sekolah ini digunakan Sekolah Partikuler, Holland Indlandsche School (HIS) Budi Priayi. Setelah Indonesia merdeka, persisnya tahun 1948, HIS menjadi Sekolah Dasar Negeri Ciledug yang dikelola oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Namun kepemilikan bangunan tetap pada Yasyasan Budi Priayi (yayasan tersebut sekarang diketuai oleh R. Soelaeman Anggapradja). Sekitar tahun 1990-an nama sekolah berubah menjadi Sekolah Dasar Negeri Kota Kulon, sesuai dengan nama kelurahan dimana sekolah itu berada. Bangunan sekolah ini sekarang digunakan oleh SD Negeri Kota Kulon I dan II.
Bentuk bangunan yang menyerupai huruf U, dimana tengah-tengah terdapat halaman yang berfungsi untuk upacara dan olahraga. Jumlah ruangan (SD) pada bangunan ini ada 10 lokal, masing-masing 5 lokal disebelah kanan dipergunakan SDN Kota Kulon I dan 5 lokal disebelah kiri dipergunakan SDN Kota Kulon II.
Arah muka bangunan menghadap ke arah Ciledug. Bagian muka bangunan berbentuk simetris dengan dua pintu kembar. Pada kiri-kanan bagian, muka bangunan terdapat bagian-bagian yang menonjol sebagai ruang Kepala Sekolah, seolah memberi kesan pembeda dengan ruangan kelas. Bangunan ini dilihat dari muka memiliki nilai estetika tinggi. Kondisi fisisk bangunan relatif terawat dengtan baik kecuali ada satu lokal yang tidak layak pakai karena rusak berat.
Source https://gpswisataindonesia.wordpress.com https://gpswisataindonesia.wordpress.com/2016/04/19/wisata-sejarah-di-garut-jawa-barat/
Comments
Loading...