SDN 61 Kota Gorontalo

0 28

SDN 61 Kota Gorontalo

SDN 061 Kota Gorontalo terletak di Jalan M.H Thamrin No.123, Kelurahan Ipilo, Kecamatan Kota Timur. Bangunan ini sejak didirikan pada masa pemerintahan Belanda dan sampai saat sekarang difungsikan sebagai bangunan sekolah. Pada awal penggunaan sekolah ini bernama HIS tahun (1918 sd 1950), kemudian menjadi ALS (tahun1950 sd 1951), SRN IV (tahun 1951 sd 1971), SDN 1 tahun (1971 sd 1981), SDN 4 (tahun 1981 sd 2005), dan SDN 061 tahun 2005 sampai sekarang.

Secara keseluruhan arsitektur bangunan dipengaruhi oleh gaya Indis terlihat dari dinding bangunan yang sangat kokoh dan bentuk atap. Luas keseluruhan bangunan adalah 738,63 m2.

Lantai bangunan terbuat dari keramik warna coklat, dinding bangunan sudah dilapisi keramik berwarna pink ini merupakan penambahan baru yang dilakukan pada tahun Jendela berbentuk panil dan memakai jendela gantung, dan pintu panil, atap bangunan berbentuk limas yang terbuat dari atap seng sedangkan flafon terbuat dari papan. Rangka atap terbuat dari kayu sangat kuat dan disambung menggunakan mur. Atap bangunan tinggi, karena untuk kepentingan pengaturan sirkulasi udara.

Di depan ruang kelas ditopang tiang yang terbuat dari kayu sebanyak 24 buah.Bentuk bangunan berbentuk huruf L, yang terbagi tujuh ruang dan setiap ruang kelas dihubungkan dengan pintu kaca. Di tengah–tengah bangunan sekolah terdapat bangunan terbuka yang berfungsi sebagai aula, bangunan ini ditopang tiang sebanyak 15, atap limas dan setiap sambungan tiang di beri mur.

Adapun batas-batas dari bangunan ini adalah di sebelah Utara bangunanJalan Tribata, sebelah Selatan Rumah penduduk, sebelah Timur Rumah penduduk, dan sebelah Barat dengan jalan M.H Thamrin.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbgorontalo/sdn-61-kota-gorontalo/
Comments
Loading...