SD Negeri Magelang 3

0 8

SD Negeri Magelang 3

SD Negeri Magelang 3, atau yang biasa disingkat menjadi SDN Magelang 3 merupakan salah salah satu sekolah dasar yang tergolong tua di Kota Magelang. SD ini terletak di Jalan Alibasah Sentot Prawirodirjo No. 4 RT.02 RW.10 Kelurahan Magelang, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Lokasi SD ini berada di sebelah barat Kantor Dinas Pendidikan Kota Magelang.

Bangunan asli SD ini masih nampak berdiri kendati di belakangnya telah dibangun ruangan kelas baru dan bertingkat. Bangunan asli SD ini merupakan peninggalan kolonial Belanda yang diperkirakan juga dulunya adalah bangunan untuk pendidikan di masa kolonial Belanda yang dikenal dengan Volks School (Sekolah Rakyat).

Semasa Volks School dulu, pelajaran yang diajarkan masih sebatas pada pelajaran membaca, menulis dan berhitung ditambah dengan pekerjaan tangan, seperti membuat keranjang, pot, genteng, dan sebagainya. Namun seiring perkembangan zaman, semenjak Indonesia merdeka, sekolah ini dinasionalisasi dan menjadi Sekolah Rakyat (SR) sesuai artinya dalam bahasa Indonesia. Kemudian pada tahun 1962, SR ini resmi menjadi SDN Magelang 3 yang dikepalai oleh Ibu Soeljati (1962-1985).

Menurut Hari Puryani, S.Pd, M.Pd, Kepala SDN Magelang 3 saat ini, luas lahan yang dimiliki oleh sekolah ini adalah 1.079 m² dan di sebelah baratnya berbatasan dengan Kali Bening. Total jumlah siswanya pada tahun ajaran 2014/2015 adalah 187 siswa.

SDN Magelang 3 tergolong beruntung bila dibandingkan dengan SDN Magelang 1 dan SDN Magelang 2. Kendati tidak menjadi sekolah inti akan tetapi masih tetap eksis hingga sekarang ini. Sedangkan, SDN Magelang 1 dan SDN Magelang 2 telah tutup lantaran dalam beberapa tahun sebelum penutupan tidak mendapatkan murid yang signifikan dalam setiap pendaftaran murid baru sehingga akhirnya SDN Magelang 1 dilebur dengan SDN Magelang 6 dan SDN Magelang 2 dijadikan satu dengan SDN Magelang 7.

Seperti laiknya bangunan sekolah lainnya yang ada di Kota Magelang, SDN Magelang 3 pernah mengalami beberapa kali renovasi, namun peruntukkannya masih tetaplah sama yaitu untuk tempat proses belajar mengajar setingkat SD. Keaslian bentuk bangunan di bagian depan tetap dipelihara dan dijaga meski lantainya sudah menjadi keramik, dan Pemkot Magelang telah memasukkan bangunan sekolah ini sebagai bangunan cagar budaya (BCB) yang diatur dalam Peraturan Daerah Kota Magelang Nomor 7 Tahun 2013 tentang Cagar Budaya di Kota Magelang. Bangunan SDN Magelang 3 yang utama atau yang berada di depan, merupakan beberapa bangunan cagar budaya dengan arsitektur kolonial, Tiongkok dan Indis yang tersebar di beberapa lokasi di antaranya di Poncol, Botton dan Pecinan serta di lokasi lain di Magelang. Melestarikan bangunan sekolah ini berarti mempertahankan bukti-bukti sejarah perjalanan pendidikan di Kota Magelang.

Source http://kekunaan.blogspot.com http://kekunaan.blogspot.com/2015/01/sd-negeri-magelang-3.html
Comments
Loading...