SD Negeri Loano, Jejak Perjalanan Pendidikan di Purworejo

0 82

SD Negeri Loano, Jejak Perjalanan Pendidikan di Purworejo

SD Negeri Loano terletak di Kecamatan Loana Kabupaten Purworejo. Kecamatan Loano dilewati jalan raya yang menghubungkan Purworejo dan Magelang. Keberadaan Sekolah Dasar Negeri Loano tidak jauh dari jalan raya tersebut sehingga lokasinya sangat strategis dan mudah dijangkau

Di sekitar bangunan sekolah ini terdapat bangunan peninggalan masa lalu. Bangunan tersebut adalah Masjid Loano dan Benteng Loano. Masjid Loano atau sekarang bernama Masjid Al Iman ini berada 10 m di sebelah barat daya sedangkan Benteng Loano yang sekarang tersisa bagian pagar dari bahan bata terletak tepat di sebelah utara Sekolah Dasar Negeri Loano. Dengan demikian Sekolah Dasar Negeri Loano ini berada diakawasan cagar budaya yang memiliki nilai historis arkeologis cukup penting.

Di samping itu, adanya bangunan prasarana pendidikan di Loano membuktikan pada masa lalu Loano telah menjadi bagian penting dalam perjalanan sejarah khususnya pendidikan rakyat pribumi masa kolonial Belanda. Adapun bukti keberadaan masjid ini tampak pada tulisan yang tertera pada bangunan dimana gedung Sekolah ini dibangun pada tahun 1910.

Saat ini bangunan SD Negeri Loano menempati area dimana bangunan gedung lama berada pada bagian depan (selatan halaman). Diantara bangunan lama dan bangunan gedung baru dibatasi oleh halaman sekolah. Sedangkan di area sisi timur terdapat doorloop menghubungkan gedung lama dengan kamar mandi.

Dilihat dari arsitekturnya, bangunan SD Negeri Loano mencirikan perpaduan bangunan tradisional dan kolonial. Hal ini merupakan adaptasi budaya dimana bangunan kolonial untuk lingkungan daerah tropis akan disesuaikan dengan keadaan lingkungan alam sekitar.

Komponen utama bangunan ini adalah kayu dimana adaya dinding tembok kemunculannya setelah era kemudian. Untuk dinding asli terbuat dari anyaman bambu “gedheg”. Untuk bagian lantai, saat ini telah menggunakan lantai keramik putih dan dinaikkan sekitar 3 cm dari lantai lama (tegel abu-abu ukuran 20 cm x 20 cm).

SD Negeri Loano merupakan bukti sejarah adanya perjalanan dunia pendidikan khususnya di Kecamatan Loano Kabupaten Purworejo. Di samping itu, lokasinya yang berdekatan dengan peninggalan sejarah purbakala lainnya seperti Masjid Loano dan bekas Benteng Loano menunjukkan bahwa keberadaan bangunan SD tersebut berada dalam satu kawasan budaya yang perlu dilestarikan.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/sd-negeri-loano-jejak-perjalanan-pendidikan-di-purworejo/
Comments
Loading...