SD Negeri Butuh Kulon Progo

0 96

Lokasi SD Negeri Butuh

SD Negeri Butuh terletak di dusun Pereng, Bumirejo, Lendah, Kulon Progo, dahulu berada dalam Kawedanan Pengasih, Kapenewon Lendah, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

SD Negeri Butuh

Sekolah ini merupakan salah satu sekolah Kasultanan yang didirikan di Kulon Progo pada tahun 1916 M. Bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Jawa. Guru-gurunya pada waktu itu merupakan guru lokal atau orang bumi putera yang berkedudukan sebagai “pegawai pemerintah atau negeri”. Murid-muridnya berasal dari desa setempat, desa–desa lain di sekitarnya, serta dari Wates. Murid-murid yang bersekolah di SD Negeri Butuh tidak dibatasi usianya, yang sudah dewasa pun juga diperbolehkan untuk bersekolah. Pada masa pendudukan Jepang  SD Negeri Butuh yang dahulu hanya sampai kelas V kemudian berkembang menjadi pendidikan sampai kelas VI.

Pada masa Clash II (perang kemerdekaan) SD Negeri Butuh digunakan untuk markas para pemuda disekitar Desa Bumirejo. SD Negeri Butuh menggunakan model bangunan limasan dengan penutup atap dari genteng vlaam, dindingnya menggunakan dinding bambu. Pada tahun 1967 dinding bambu diganti dengan tembok, untuk sekat antar kelas sampai sekarang masih menggunakan dinding dari bambu. Selain juga dilakukan penambahan ruang kelas di sebelah utara.

Pada tahun 1980-an, dinding bagian atas yang menggunakan strimin diganti dengan tralis dari kayu. Di sisi timur dan barat bangunan terdapat selasar. Pada selasar tersebut terdapat tiang-tiang kayu yang berfungsi sebagai perkuatan bangunan. Lantai menggunakan tegel abu-abu ukuran 20 x 20 cm. Pagar bagian luar dibangun pagar permanen untuk menggantikan pagar yang hanya dari tanaman.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/sd-negeri-butuh-kulon-progo-2/
Comments
Loading...