Saoraja La Tenri Bali

0 125

Saoraja La Tenri Bali

Kabupaten Wajo – Sulawesi Selatan memiliki aset wisata terkenal berupa Rumah Adat Bugis yang sangat ikonik, yaitu Saoraja La Tenri Bali. Rumah adat ini terletak di sebelah timur kota sengkang di kompleks rumah adat Atakkae Kelurahan Atakkae, Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo. Berjarak kurang lebih 3 kilometer dari pusat kota hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5-10 menit untuk sampai kesana. Untuk menuju kesana tidaklah sulit, karena banyaknya moda transportasi umum yang dapat dipakai seperti angkot dan bentor.

Sejarah
Rumah adat Saoraja La Tenri Bali dibangun oleh Bupati Dahlan Maulana yang diresmikan pada tahun 1995. Saoraja La Tenri Bali dalam bahasa bugis yaitu “sao raja” yang berarti istana, dan La tenri Bali adalah nama raja / Arung Matoa yang pernah memimpin kerajaan wajo. jadi, Sao Raja La Tenri Bali berarti istana Raja La Tenri Bali.

Keunikan
Istana Raja La Tenri Bali sangatlah unik karena memiliki 101 tiang penyangga yang terbuat dari kayu ulin berbentuk bundar dengan berat setiap tiangnya mencapai 2 ton membuat rumah adat ini terlihat megah dan kokoh. kompleks halaman yang luas serta pohon lontar di sebelah kiri rumah, membuat rumah adat ini terasa asri dan lapang. itulah sebabnya kompleks rumah adat ini sering dijadikan sebagai lokasi pameran pembangunan se-kabupaten wajo. Bukan hanya itu, kegiatan perkemahan lokal dan nasional juga sering diadakan di daerah ini. Pameran-pameran kebudayaan setiap perayaan hari kemerdekaan telah menjadi acara tahunan.

Di dalam kompleks rumah adat Attakkae di sekitar Sao Raja La Tenri Bali berdiri juga rumah-rumah adat bugis khas untuk setiap kecamatan di Kabupaten Wajo. Bentuknya mirip dengan Sao Raja La Tenri Bali, Hanya saja lebih kecil dan menampilkan kekhasan setiap kecamatan. Rumah-rumah adat tersebut kerap kali menjadi tempat menginap para wisatawan yang berkunjung ke Perumahan Adat Atakkae.

Selain itu di dalam kompleks rumah adat attakae juga terdapat beberapa saung yang dapat ditempati oleh pengunjung untuk berteduh dan bersantai. terdapat pula kolam yang berisi tumbuhan teratai yg sangat indah. tak jarang pula ada pengunjung yang nekat memancing di kolam tersebut. suasana lokasi yang tenang dengan hamparan danau di belakang kompleks perumahan adat attakkae dapat membuat anda ingin berlama-lama berada di tempat ini.

Source https://nehanesia.co https://nehanesia.com/rumah-adat-bugis/
Comments
Loading...