Sanggar Seni Kemasan Surakarta

0 15

Sanggar Seni Kemasan

Sanggar seni ini terletak di Jalan Mashela No. 7 Kelurahan Kepatihan Kulon, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. Lokasi sanggar seni ini berada di sebelah barat daya SMP Negeri 13 Widuran ± 100 m, atau di sebelah barat Gang Kemasan.

Sanggar Seni Kemasan didirikan oleh Bambang Sugiarto. Sebelum menjadi Sanggar Seni Kemasan, sanggar tersebut bernama Sanggar Gidag Gidig yang didirikan pada 21 Desember 1976. Waktu itu Gidag Gidig belum memiliki tempat yang tetap untuk latihan, jadi masih berpindah-pindah. Pada tahun 1984 Gidag Gidig memilih tempat untuk dijadikan sanggar yang tetap yang sekarang menjadi Sanggar Seni Kemasan ini. Sanggar Gidag Gidig sempat vakum selama 13 tahun. Hingga pada tahun 2013 sanggar kembali hadir dengan nama yang berbeda, yaitu Sanggar Seni Kemasan.

Nama Kemasan ini diambil dari nama sebuah kampung di mana sanggar seni tersebut berada. Pada waktu Kasunanan Surakarta Hadiningrat masih eksis secara pemerintahan, segala harta benda kerajaan berupa emas dan perhiasan disimpan di sebuah tempat yang berada di Kepatihan. Pusat pemerintahan di Surakarta kala itu bukanlah di Kraton Kasunanan melainkan di Kepatihan. Patih di sini diberi kuasa penuh oleh Raja Kasunan Surakarta. Nama tempat untuk menyimpan harta benda kerajaan tersebut dinamakan Kemasan.

Source http://kekunaan.blogspot.com http://kekunaan.blogspot.com/2017/09/sanggar-seni-kemasan-surakarta.html
Comments
Loading...