SandungTamanggung Sura Jaya Pati

0 150

SandungTamanggung Sura Jaya Pati

Sandung Tamanggung Sura Jaya Pati/ Tamanggung Lawak terdapat didesa Bukit Rawi Kecamatan Kahayan Tengah, Kabupaten Pulang Pisau,Provinsi Kalimantan Tengah. Ahli waris terakhir yaitu generasi ke III dari Tamanggung sudah meninggal semua, sekarang sandung ini dirawat oleh juru kunci Dimoek Narang dan Heri Suardy.

Sandung Tamanggung Sura Jaya Pati didirikan pada tahun 1862, pembuatan dilakukan selama 3 bulan didesa Lewu Rawi, tahun 1943 dipindahkan kedesa Bukit Rawi, kemudian pada tanggal 27 Juni 1993 dipindahkan lagi ,lokasi tetap didesa Bukit Rawi. Konstruksi dengan menggunakan kayu ulin setelah direnovasi sebagian besar menggunakan bata (semen), luas area dari sandung ini 125 m x 75 m,tinggi sandung + 2 meter ,lebar sandung 2 meterpersegi, keadaan sandung cukup terawat dilakukan beberapa kali renovasi sandung ini sangat presentatif bagi wisatawan untuk study dan hanya melihat – lihat hasil karya asli nenek moyang kita.

Jarak tempuh dari kabupaten pulang pisau ke bukit rawi sekitar + 110 km dan dari desa Bukit Rawi ke Sandung Tamanggung Sura Jaya Pati sekitar + 500 m, hanya ditempuh dengan waktu 2,5 jam dari dari kota Pulang Pisau, atau 20 menit dari Kota Palangka Raya ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah.

Tamanggung Sura Jaya Pati dilahirkan dikampung Rawi 10 Juli 1800 dan diberi Gelar Tamanggung Lawak karena kepemimpinannya yang penuh wibawa, adil dan bijaksan. Salah satu bukti beliau menghadiri Kongres Perdamain Sekalimantan Tengah yang berlangsung di Tumbang Anoi Kecamatan Kahayan Hulu Utara pada tahun 1894. Beliau meninggal pada tanggal 10 Agustus 1900 tiga (3) bulan setelah kematiannya diadakan upacara tiwah dan dibuatlah Sandung tempat penyimpanan tulang benulang Temanggung Sura Jaya Pati/Temanggung Lawak.

Source https://budparpulpis.wordpress.com https://budparpulpis.wordpress.com/2015/04/15/sandungtamanggung-sura-jaya-pati/
Comments
Loading...