Saluran Air Pajangan Bantul

0 117

Lokasi Saluran Air Pajangan

Saluran Air Pajangan terletak di Dusun Kunden, Sendangsari Pajangan Bantul, Yogyakarta.

Saluran Air Pajangan

Saluran air Pajangan ini merupakan saluran lanjutan dari Sadapan Air Kamijoro yang berpusat di Dusun Kamijoro. Saluran ini dibuat untuk mendistribusikan air dari Sungai Progo ke areal lahan tebu yang dibangun oleh keluarga Ir. Julius Schumutzer yang mendirikan dan mengelola pabrik gula di wilayah Ganjuran, Bambanglipuro, Bantul.

Hulu Saluran Air Pajangan terletak di Dusun Kamijoro, Kelurahan Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Saluran ini mengarah ke timur dan berada sejajar dengan jalan Pajangan-Sedayu hingga menyeberangi Sungai Bedog di Gesikan, Wijirejo, Pandak, Bantul. Saluran ini mengalirkan air sadapan dari Sungai Progo hingga wilayah Kabonongan dan sekitarnya di Kecamatan Sanden.

Saluran Air Pajangan merupakan saluran lanjutan dari Sadapan Air Kamijoro yang berpusat di Dusun Kamijoro. Mengingat bahwa Sadapan Air Kamijoro dibangun pada tahun 1924, maka Saluran Air Pajangan ini juga dibangun pada tahun tersebut. Angka tahun itu ditandai dengan dikeluarkannya izin pembuatan saluran irigasi dari Sungai Progo tertanggal 28 Februari kepada Ir. Julius Schmutzer oleh Sultan Hamengku Buwana VIII. Saluran irigasi ini penting untuk keberlangsungan hidup pabrik gula yang dikelola keluarga Schmutzer dan untuk membantu petani.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/saluran-air/
Comments
Loading...