Rumoh Aceh Peninggalan Bentara Sama Indra Mukim VIII

0 67

Rumoh Aceh Peninggalan Bentara Sama Indra Mukim VIII

Rumoh Aceh yang memanjang dari timur ke barat ini memiliki 24 tiang (Tameh), berdiameter lebih kurang 30 cm, serta pada bagian tiang dan dindingnya terdapat ukiran-ukiran yang indah, seperti ukiran Taloe Puta, Bungong Awan, dan masih banyak ukiran-ukiran lainnya.

Sangat disayangkan, Rumoh Aceh tersebut tidak terawat dan bahkan bisa dikatakan dibiarkan begitu saja. Kondisinya sangat kotor, dinding disisi timur dan barat sudah tidak ada lagi sehingga menjadikan Rumoh Aceh tersebut memang sudah lama ditinggalkan begitu saja. Kondisinya semakin diperparah dengan lantai yang sudah lapuk dan sudah berlubang di mana-mana. Hal ini membuat kita saat berjalan haruslah dengan sangat berhati-hati.

Dalam sejarahnya di masa lalu, Rumoh Aceh di Lamkuta ini juga digunakan sebagai benteng pertahanan. Itu bisa dilihat dengan tumbuhnya pohon bambu yang menutupi hutan Lamkuta. Selain itu, ketika Aceh dalam keadaan darurat militer, Rumoh Aceh Bentara Sama Indra ini pernah digunakan sebagai tempat diadakannya rapat aceh merdeka (AM) sebanyak dua kali yang dipimin oleh Hasan Tiro.

Itulah sedikit penjelasan tentang Rumoh Aceh Bentara Sama Indra Mukim VIII. Sudah selayaknya semua kalangan untuk merawat dan peduli akan sejarah bangsanya sendiri, bangsa yang begitu gagah dan pantang menyerah ketika melawan penjajah.

Source https://beulangeungtanoh.blogspot.com https://beulangeungtanoh.blogspot.com/2019/03/rumoh-aceh-peninggalan-bentara-sama.html
Comments
Loading...