Rumahnya Multatuli (Eduard Douwes Dekker)

0 170

Rumahnya Multatuli (Eduard Douwes Dekker)

Dibelakang Rumah Sakit Umum Adjidarmo Rangkas Bitung yang ada di Jl. Iko Jatmiko No.1, dimana rumah ini dahulunya merupakan tempat tinggal Eduard Douwes Dekker seorang Assisten Residen Belanda yang menulis semua perasaan temuannya di Lebak dengan membuat buku pengenal Max Havelaar pada tahun 1839 setahun setelah di Batavia pada tanggal 21 Januari 1859, Eduard Douwes Dekker menginjakkan kakinya di Lebak Banten Sebagai Assisten Residen.

Hanya sebidang tembok tua selebar kira-kira enam meter setinggi lima meter yang masih berdiri tegak ditambah batu bata merah berukuran 30 x 8 sentimeter menyembul pada pelur geligir atas yang rompal, tak lagi tanda-tanda guratan kisah masa lalu pada rumah itu. Genteng, tegel, kaca, kusen, daun pintu dan jendela bukan datang dari zaman saat Bupati Raden Adipati Karta Natanagara berkuasa di Lebak.

“Ada informasi kalau dulu rumahnya panggung dan dibuat dari kayu. Cukup sulit merekonstruksi bangunannya, kecuali membongkar rumah dan melihat pondasinya. Itu pun masih diragukan. Tapi kami siap membantu merealisasikan gagasan pembangunan rumah Multatuli itu,” ujar Bambang Eryudhawan, arsitek dari Pusat Dokumentasi Arsitektur Indonesia.

Source https://gpswisataindonesia.info https://gpswisataindonesia.info/2017/10/wisata-sejarah-di-kabupaten-lebak/
Comments
Loading...