Rumah Tua, Koratun Manya Dan Tambak Tamanggung Tiong Kalimantan Tengah

0 95

Lokasi Rumah Tua, Koratun Manya Dan Tambak Tamanggung Tiong

Rumah Tua, Koratun Manya Dan Tambak Tamanggung Tiong terletak di Desa Saripoi Kecamatan Tanah Siang Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah.

Rumah Tua, Koratun Manya Dan Tambak Tamanggung Tiong

Rumah Tua ini sangat memprihatinkan karena kurang terawat. Sebagian yang masih bisa ditempati terlihat dinding bambu, keunikan dari bangunan ini pada daun pintunya dibuat dari baner kayu ulin (akar) serta kosen pintu kanan-kiri dengan ukiran berupa mahluk bertampang mengerikan.

Tambak Tamanggung Tiong ditepi Sungai Bumban anak Sungai Barito, bangunan seperti sumur yang mempunyai penutup papan ulin setebal 5 cm. Diseberang Koratun Manya yang menyeberangi Sungai Bumban dengan melewti jembatan gantung. Manya adalah perempuan terpandang atau terhormat dari Dayk Siang adalah istri Tamanggung Tiong.

Koratun/Makam, bertiang dua berbentuk perahu, penutupnya tidak dipaku supaya bisa setiap saat dibuka. Tinggi dari permukaan tanah 3 cm, sedangkan jarak tiang 5,70 m, panjang 11 m, penuh dengan ukiran motif sulur dan kait. Didalam terdapat tulang 13 orang, tengkorak yang terbesar adalah milik Manya.

Ketiga obyek ini maupun keterkaitan satu sama lain masih diupayakan, baik pendiri Rumah Tua tersebut, Manya serta suaminya Tamanggung Tiong Pulau Gasan dan andil mereka dimasa lalu di wilayah Saripoi ini belum diketahui.

Source https://www.blogger.com/about/?r=1-null_user http://sejarahkalimantantengah.blogspot.co.id/
Comments
Loading...