Rumah Tua Era Hindia Belanda di Buleleng

0 111

Rumah Tua Era Hindia Belanda

Keberadaan rumah-rumah tua peninggalan zaman kolonial Hindia Belanda masih banyak dijumpai di Kabupaten Buleleng, Bali.

“Rumah tua di Buleleng merupakan warisan ketika Singaraja pernah menjadi ibu kota Provinsi Sunda Kecil yang wilayahnya meliputi Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur pada awal kemerdekaan RI,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng, Putu Tastra Wijaya di Singaraja.

Rencana, Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng menjadikan tempat tersebut sebagai objek wisata klasik guna menarik kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara.

Tastra mengatakan, berdasarkan pendataan awal bahwa rumah-rumah tua tersebut masih banyak yang berdiri kokoh dan beberapa di antaranya memerlukan pemugaran.

Beberapa jenis bangunan rumah tua utamanya terletak di wilayah perkotaan karena Singaraja merupakan kota pelabuhan utama pada zaman kolonial, di mana banyak bangunan gudang tampungan rempah-rempah dan rumah-rumah orang Belanda.

Menurut Tastra, pihaknya segera akan membentuk tim khusus untuk melakukan inventarisasi guna mendata rumah tua yang ada di kabupaten ujung Utara di Pulau Dewata itu.

“Kami akan segera membentuk tim untuk mencari data faktual, tentang keberadaan rumah tua yang ada di Buleleng. Karena di Bali, di Kota Singaraja paling banyak diwarisi rumah tua peninggalan kolonial,” kata dia.

Tastra mengatakan, ke depan rumah-rumah tua tersebut akan dijadikan sebagai cagar budaya sehingga diharapkan mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat atau daerah dalam hal perawatan.

“Kami inventarisasi dulu dan setelah itu kami usulkan sebagai cagar budaya. Tentu akan memerlukan proses tetapi ini akan digenjot terus sehingga bangunan rumah tua yang ada terawat,” tutur Tastra.

Source http://www.harnas.co http://www.harnas.co/2017/04/24/buleleng-inventarisasi-rumah-tua-era-hindia-belanda
Comments
Loading...