Rumah Tua Bereng Matal Uning

0 24

Rumah Tua Bereng Matal Uning

Rumah Tua Matal Uning terdapat didesa Bereng Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah. Jarak tempuh dari Pulang Pisau ke Bereng + 1 km. Rumah Tua tua Matal Uning dibangun oleh pemiliknya yang bernama Matal Uning tahun berdirinya rumah ini masih kurang jelas tetapi diperkirakan berumur ratusan tahun, rumah ini terbuat dari kayu ulin yang terkenal akan kekuatannya. Rumah Tua Matal Uning juga merupakan tempat tinggal H.Muhammad Sanusi yang merupakan Pahlawan Perintis Kemerdekaan yang tidak lain merupakan menantu bapak Matal Uning dari anak ke2 beliau yaitu Hamsiah.

Rumah Matal Uning pada zaman penjajahan belanda sering digunakan untuk rapat – rapat oleh para Tokoh Perintis Kemerdekaan Pulang Pisau dalam hal mempersiapkan dan mempererat kesatuan, persatuan para Pejuang Perintis Kemerdekaan.

Sekarang Rumah Tua Matal Uning dijaga dan dirawat oleh keturunan bapak Matal Uning ke 4 yaitu ibu Kamsiah, dilanjutkan anaknya ibu Raba’ah dan dilanjutkan oleh bapak budiman ananyan ibu Raba’ah. Rumah Tua Matal Uning masih dalam keadaan yang masih baik terjaga dan terawat tampa mengurangi keasliannya, tiang, lantai, dinding, atap serta ornamen lainnya masih memancarkan rumah kalimantan yang asli, hamparan halaman depan dan belakang rumah sangat luas yang ditanami dengan tanaman khas kalimatan.

Tidak jauh dari Rumah Tua Matal Uning, terlihat juga makan keluarga Matal Uning, dan untuk Komplek Makan H.M. Sanusi dijadikan Makam Pahlawan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pulang Pisau karena jasa-jasa beliau.

Source https://budparpulpis.wordpress.com https://budparpulpis.wordpress.com/2015/04/15/rumah-tua-bereng-matal-uning/
Comments
Loading...