Rumah Tradisional RH. Suprapto Sleman

0 84

Lokasi Rumah Tradisional RH. Suprapto

Bangunan rumah milik R.H. Suprapto (85 th) berada di Jl Yogya –Solo Km 12,5, Krajan, Tirtomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta.

Rumah Tradisional RH. Suprapto

Bangunan bercirikan tradisional Jawa tipe joglo limasan. Bangunan diperkirakan ada sebelum tahun 1930, pada tahun 1934 dibeli oleh Ibu Wongso Sudarmo (mertua RH Suprapto) dari seorang pegawai Kecamatan (dulu kabupaten/ Kawedanan) kemudian diwariskan kepada anaknya yaitu ibu Sukawit (alm/ istri RH. Suprapto).

Pada awal di beli bangunan tersebut berpenutup kayu dan bambu kemudian setelah dibeli pada tahun 1934 di ganti dengan dinding tembok tanpa merubah konstruksi atap maupun tiang/ soko guru dan sampai sekarang belum mengalami perubahan. Bangunan depan merupakan emper berbentuk limasan yang kanan kirinya tertutup dinding kamar dan depan terbuka. Bagian dalam merupakan bangunan induk berbentuk joglo memiliki kamar di belakang atau sentong. Bagian timur menyambung sebagai bangunan gandok dan dapur.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/rumah-tradisional-rh-suprapto-sleman/
Comments
Loading...