situsbudaya.id

Rumah Tradisional R.Suwadi Sastrodiharjo Kulon Progo

0 29

Rumah Tradisional R.Suwadi Sastrodiharjo

Bangunan rumah tradisional milik R. Suwadi Sastrodiharjo berada di dusun Mutihan, Kelurahan Wates, Kecamatan Wates, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta.

Rumah Tradisional R.Suwadi Sastrodiharjo

Bangunan ini dibangun sekitar tahun 1950. Bangunan rumah tersebut bercirikan bangunan tradisional jawa tipe limasan terdiri dari bangunan depan dan belakang. Bangunan depan merupakan tipe limasan lawakan yaitu bangunan limasan pokok dilengkapi dengan serambi (emper). Bagian belakang merupakan tipe limasan klabang nyander yaitu bentuk limasan yang menggunakan banyak pengeret atau lebihdari empat pengeret.

Struktur bangunan 95 % dalam kondisi asli dan terawat dengan konstruksi bagunan berupa kayu dan bambu. Konstruksi kayu tersebut dominan sebagai struktur tiang kayu dan berdinding papan kayu (gebyok). Yang unik dari ornamen bangunan ini adalah hiasan rete-rete sebagai penghias atap teras. Lantai bangunan berupa floor (plesteran bata merah) dengan pola garis bujur sangkar, sedangkan atap menggunakan konstruksi usuk kayu dan raguman bambu.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/rumah-tradisional-r-suwadi-sastrodiharjo-kulon-progo/
Comments
Loading...