Rumah Tradisional Parit Alai Riau

0 38

Rumah Tradisional Parit Alai

Menurut pemiliknya bangunan ini telah berumur sekitar 115 tahun, dibangun pada akhir abad 19 (1890-an). Rumah ini sekarang ditempati oleh Pak Sudin dan keluarga. Pada awalnya rumah ini milik datuknya Pak Sudin, yang pada masa itu (tahun 1800-an) merupakan saudagar kaya yang memiliki banyak perkebunan (sawit, pinang, karet.  Bangunan ini berarsitektur tradisional Melayu. Hal ini dapat dilihat dari bentuk bangunan berpanggung setinggi 1,5 m dan komponen utamanya yang terbuat dari kayu. Rumah ini belum banyak mengalami banyak perubahan. Hanya sedikit perubahan terjadi pada jumlah kamar, pada awalnya terdiri dari 2 buah kamar, saat ini terdapat 3 kamar yang dibuat dari triplek. Atap bangunan terbuat dari seng berbentuk limas. Bangunan ini terdiri dari 4 ruangan, yaitu 1 buah ruang besar, 2 buah kamar dan 1 buah ruang kecil. Pintu masuk berjumlah 2 buah berada di sisi utara dan di sisi selatan. Jendela berjumlah 8 buah terbuat dari kayu dan diberi jeruji.

Pintu masuk di bagian depan berada di sisi utara dan juga terdapat pintu di bagian belakang di sisi selatan rumah. Jendela berjumlah 8 buah berbentuk bukaan dua dengan diberi pagar dan di bagian atas jendeela terdapat kaca patri (mozaik) berwarna kuning dan merah. 2 buah jendela telah diubah menjadi kaca nako. Tiang rumah berjumlah 15 buah dengan tiang utama berjumlah 2 buah berbentuk persegi empat. Kondisi rumah ini di beberapa bagian telah mengalami kerusakan, seperti pada bagian lantai mengalami keropos, atap seng di bagian sisi selatan telah bocor, sehingga ketika musim hujan air masuk kedalam rumah yang mengakibatkan lantai rumah rusak. atap seng pada bagian tangga masuk sudah rusak serta tangga masuk juga mengalami keropos. Pada bagian belakang rumah ini terdapat bangunan baru yang terbuat dari bata berspesi semen. Antara bangunan lama dengan bangunan baru dihubungkan oleh sebuah lorong saat ini digunakan pemilik rumah. Bangunan baru tidak berpanggung.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kabupaten-Karimun.pdf
Comments
Loading...