Rumah Tradisional Melayu Bengkalis

0 39

Rumah Tradisional Melayu

Rumah ini merupakan rumah tradisional Melayu yang oleh Pemda Kabupaten Bengkalis dipertahankan sebagai ikon Rumah Adat Melayu. Bangunan yang ada sekarang sudah ditambah dengan bangunan baru yang berfungsi sebagai dapur. Bangunan ini terletak di belakang yang secara langsung menyambung dengan bangunan induk di depannya. Luas bangunan asli adalah 153 m2. Jika ditambah dengan bangunan baru, maka luasnya menjadi 270 m2.

Bangunan ini merupakan tipe rumah panggung yang di bagian bawah (kaki) terdiri dari struktur semen dan bata merah, sedangkan struktur di atasnya (tubuh) merupakan bangunan kayu. Bangunan ini mempunyai beranda depan yang diapit (kanan dan kiri) oleh dua buah tangga/jenjang yang merupakan jalan masuk utama. Jenjang tersebut masing-masing terbuat dari struktur semen dan bata merah. Secara keruangan, bangunan ini terbagi ke dalam ruang- ruang yang berada di lajur kanan dan kiri. Antara kedua lajur ini dibatasi oleh sebuah lorong yang berada di tengah-tengah sebagai pemisah sekaligus sebagai jalan utama keluar-masuk rumah. Pemilik rumah ini, almarhum H. Nawawi, merupakan pengusaha sukses di Jakarta. Sekarang rumah ini ditempati oleh salah seorang kerabat H. Nawawi.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Bengkalis-BPCB.pdf
Comments
Loading...