situsbudaya.id

Rumah Tradisional Darmo Sukarto Bantul

0 41

Lokasi Rumah Tradisional Darmo Sukarto

Bangunan rumah tradisional milik Darmo Sukarto berada di Dusun Pajimatan, RT 05, Girirejo, Imogiri Bantul, Yogyakarta.

Rumah Tradisional Darmo Sukarto

Bangunan ini merupakan tipe Rumah joglo terdiri dari bagian pendopo, Dalem, Gandok, dan dapur. Bangunan dibangun pada tahun 1937 dan merupakan pindahan dari Temuwuh. Pada masa itu bangunan tersebut digunakan sebagai kantor lurah sekaligus juga sebagai rumah tinggal Lurah Darmo Sukarto dan sekarang terkenal sebagai Joglo Lurah Dongkol.

Selain sebagai kantor lurah bangunan juga pernah sebagai tempat pembuatan tenun dan sekarang masih menyimpan bekas-bekas peralataan tenun kuno. Tahun 1949 pada saat class II pernah digunakan sebagai markas tentara Batalyon SWK I mayor Sarjono yang beroperasi di wilayah Bantul dan sekitarnya. Setelah kemerdekaan bangunan digunakan untuk kantor kalurahan Girirejo SKA (Surakarta) sampai dengan tahun 1952.

Bangunan tersebut 90 % masih dalam kondisi asli walaupun pernah mengalami kerusakan pada saat gempa 2006. Sekarang bangunan digunakan sebagai tempat tinggal dan kegiatan sanggar karawitan. Selain itu bangunan ini sering digunakan untuk shoting film berlatar belakang sejarah budaya yaitu Film Ki Ageng Mangir. Sekarang ini bangunan ditempati oleh Bp. Sumarman (umur 74 tahun) salah seorang ahli Waris Lurah Dongkol Darmo Sukarto.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/rumah-tradisional-darmo-sukartosumarman-bantul/
Comments
Loading...