Rumah Tradisional Bapak Sunartejo Yogyakarta

0 59

Lokasi Rumah Bapak Sunartejo

Rumah Bapak Sunartejo secara administratif terletak di Dusun, Desa Sewugalur, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Rumah Bapak Sunartejo

Keletakkan bangunan berada di titik koordinat ada di zona 49 M, X 0412969, Y. 9121907. Rumah menghadap ke barat. Batas-batas rumah yaitu  Barat: jalan desa, Utara: rumah Bp. Karwono, Timur: pekarangan penduduk, Selatan: rumah Ibu Suryani. Luas pekarangan 388 m². Semula pemilik bangunan ini yaitu Bp. Cokrodirjo dari hasil pembelian secara lelang yang dilakukan pihak kelurahan atau desa. Bangunan pada saat ini ditempati oleh Bp. Sunartejo yang juga merupakan cucu  dari Bp. Cokrodirjo. Deskripsi bangunan : Bangunan perumahan di bekas pabrik gula sewu galur ini terdiri dari 3 (tiga) unit yaitu bangunan utama, bangunan pelayanan, dan garasi.

Bangunan utama menggunakan corak atap atau model kampung dengan dua nok yang sejajar dan emper tersambung atau dalam arsitektur jawa disebut cere gancet dengan menggunakan atap genteng flam tanah liat. Di bagian depan bangunan utama terdapat teras atau beranda terbuka tanpa dinding tembok yang  beratap. Teras berfungsi sebagai ruang transisi yang menghubungkan halaman luar dengan bangunan utama. Dinding teras dilengkapi dengan pilaster-pilaster dan hiasan berbentuk geometris. Sedangkan lantai dengan menggunakan flor pc polos. Teras depan pada saat  gempa bumi 27 Mei 2006 sebagian rusak berat kemudian diperbaiki kembali dengan mengacu bentuk semula. Perubahan yang terjadi adalah dinding bawah  yang semula bermotif menjadi polos dan dinding teras atas yang semula model berundak kemudian menjadi beratap dengan emper.

Ciri-ciri yang menonjol di bangunan utama adalah ukuran pintu utama  tinggi yaitu 300 cm x 230 cm dan pintu pengapit 300 cm x 120 cm. Model pintu variasi panel kayu-kaca dan di bagian atas panel kayu-kaca setengah lingkaran. Di dalam bangunan utama dengan tata ruang yaitu   ruang keluarga dan kamar tidur.

Di sebelah selatan bangunan utama terdapat bangunan paviliun dan bangunan pelayanan. Atap bangunan berbentuk kampung dengan atap genteng flam tanah liat. Ukuran bangunan paviliun 630 cm x 380 cm serta dilengkapi dengan teras terbuka tanpa dinding. Teras depan dilengkapi dengan pilaster-pilaster  serta profil lengkung di atas ambang pintu (voussoir). Perubahan yang terjadi yaitu adanya penggantian lantai floordengan keramik berwarna putih.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/bangunan-bangunan-di-bekas-pabrik-gula-sewugalur/
Comments
Loading...