Rumah Tinggi di INHU, Rumah Asli Masyarakat Indragiri Peninggalan Kerajaan

0 20

Rumah Tinggi di INHU, Rumah Asli Masyarakat Indragiri Peninggalan Kerajaan

Rumah Tinggi berada di Kampung Bersar di Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu. Rumah Tinggi Kerajaan ini merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Indragiri. Saat ini keadaannya masih sederhana dan isinya pun merupakan koleksi peninggalan kerajaan belum terkumpul di sana.

Rumah Tinggi dipercaya sebagai bentuk rumah asli masyarakat Indragiri dengan arsitektur khas Melayu. Rumah Tinggi ini dibangun oleh Seorang Mentri pada masa Kerajaan Indragiri bernama Raja Haji Muhammad Saleh gelar Raja Togok yang merupakan rumah mentri saat itu.

Raja Haji Muhammad Saleh diangkat sebagai Mentri Kerajaan Indragiri oleh Sultan Isa (1883-1902) dengan kekuasaan wilayah Kampung Laut, di mana saat ini bernama Concong Indragiri Hilir yang merupakan daerah berpenghasilan pajak terbesar untuk Kerajaan Indragiri.

Bentuk Rumah Tinggi seperti bangunan yang berlantai dua dengan pilar pilar kayu kulim. Rumah kayu dua lantai ini terlihat cantik dengan ornamen khas Melayu. Lantai dua merupakan tempat penyimpanan benda-benda peninggalan bersejarah seperti foto-foto hitam putih raja-raja Indragiri, meriam, dan senapan. Posisi rumah tinggi ini menghadap ke sungai Indragiri. Saat ini rumah tinggi dijadikan museum Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri Hulu.

Source https://lancangkuning.co https://lancangkuning.com/post/408/rumah-tinggi-di-inhu-rumah-asli-masyarakat-indragiri-peninggalan-kerajaan.html
Comments
Loading...