Rumah Tinggal Nanggulan G 12 Salatiga

0 184

Rumah Tinggal Nanggulan G 12 Salatiga

Kota Salatiga kaya akan bangunan tinggalan dari masa kolonial. Bangunan ini mempunyai beragam fungsi antara lain perkantoran, pendidikan, militer, tempat ibadat, dan rumah tinggal. Bangunan kolonial yang berfunsi rumah tinggal di Kota Salatiga sangat banyak dan beragam. Ragam ini dapat di perhatikan dari gaya bangunan maupun bentuk denahnya.

Salah satu bangunan rumah tinggal dari masa kolonial yang cukup unik di Kota Salatiga adalah bangunan yang beralamat di Jl. Nanggulan G 12 Salatiga. Rumah ini dibangun pada awal abad XX. Bangunan rumah tinggal ini membentuk pola huruf C dan menggunakan bentuk atap perisai. Dibanding dengan bangunan rumah tinggal yang lain, bangunan ini merupakan satu-satunya bangunan yang membentuk pola C.

Sampai sekarang bangunan ini terawat dan masil asli bentuknya. Selain bangunan ini unik dari bentuk denahnya, rumah ini juga merupakan salah satu bukti fisik pemukiman militer Belanda di dalam pola kota tradisional.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/rumah-tinggal-nanggulan-g-12-salatiga/
Comments
Loading...