Rumah Tinggal Jl. Semeru 14 Salatiga

0 179

Rumah Tinggal Jl. Semeru 14 Salatiga

Tinggalan bangunan kolonial di Salatiga sebagian besar merupakan bangunan rumah tempat tinggal. Rumah tinggal ini dibangun dengan bermacam-macam gaya. Salah satu bangunan rumah tinggal, ada yang cukup menarik. Arsitek bangunan ini memadukan gaya art deco dan gaya bangunan Cina.

Bangunan Rumah Tinggal yang terletak di Jl. Semeru 14  Kota Salatiga dibangun pada awal abad XX. Bangunan menggunakan atap perisai dan penyelesaian batu belah di dinding bangian bawah. Jika diamati bangunan ini memperlihatkan ciri arsitektur kolonial bergaya art deco. Gaya bangunan khas masyarakat cina tampak pada detil list di ambang atas pintu dan jendela.

Bangunan rumah tinggal ini merupakan satu-satunya bangunan rumah tinggal yang menggunakan gaya art deco dipadukan dengan gaya bangunan khas masyarakat Cina. Karena satu-satunya bangunan ini harus tetap ada sehingga perlu terus dilestarikan. Saat ini kondisi bangunan terawat.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/rumah-tinggal-jl-semeru-14-salatiga-perpaduan-gaya-kolonial-dan-cina/
Comments
Loading...