Rumah Tinggal Jl. Kalinyamat 26 Salatiga

0 168

Rumah Tinggal Jl. Kalinyamat 26 Salatiga

Sebagai wilayah yang mengalami perjalanan sejarah yang panjang, Kota Salatiga mempunyai bangunan tempat tinggal berciri arsitektur tradisional dan berciri arsitektur kolonial. Bangunan yang berciri arsitektur kolonial masih banyak di jumpai di Kota Salatiga dan masih dalam kondisi prima.

Berbeda dengan bangunan-bangunan rumah tinggal berciri arsitektur kolonial, bangunan rumah tinggal yang berciri arsitektur tradisional jarang dijumpai. Satu -satunya yang masih tersisa adalah rumah tinggal yang beralamat di Jalan Kaliyamat 26 Salatiga.

Bangunan ini berkonstruksi kayu dengan bentuk atap limasan. Rumah ini dibangun pada awal abad XX. Sampai sekarang bangunan rumah tinggal ini masih terawat dengan baik. Agar tidak musnah, bangunan ini perlu dilestarikan kerena bangunan ini juga merupakan bukti fisik keberadaan rumah tinggal berciri arsitektur tradisional di Kota Salatiga di masa kolonial.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/rumah-tinggal-jl-kalinyamat-26-salatiga-satu-satunya-bangunan-berciri-tradisional/
Comments
Loading...