Rumah Tinggal Ema Idham

0 28

Rumah Tinggal Ema Idham

Berdasarkan penelusuran survei literatur pustaka didapatkan keterangan mengenai sejarah bangunan ini. Bangunan rumah tinggal ini pernah dipergunakan sebagai rumah tinggal sementara oleh Bung Karno selama tiga bulan sekitar tahun 1942. Saat itu Bung Karno dari Bengkulu akan dibuang ke luar Indonesia, ketika kapal yang akan membawa Bung Karno rusak, maka perjalanan dari Bengkulu ke Padang dilakukan melalui jalan darat. Beliau singgah di Padang selama tiga bulan dan menempati rumah ini, selama tinggal di rumah ini dipergunakan untuk meng-himpun kekuatan melawan penjajah.

Bangunan ini berupa rumah hunian dengan gaya lokal. Denah bangunan ini berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang dengan luas bangunan 290 m². Hampir keseluruhan bangunan ini terbuat dari cor semen, namun beberapa bagian rumah terbuat dari kayu, seperti tiang serambi, kerangka atap, jendela, pintu. Atap bangunan terbuat dari seng dengan bentuk atap limas.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Padang.pdf
Comments
Loading...