Rumah Tinggal Dr. Sardjito Yogyakarta

0 43

Lokasi Rumah Tinggal Dr. Sardjito

Rumah Dr. Sarjito terletak di Jl. Cik Di Tiro No. 16, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta.

Rumah Tinggal Dr. Sardjito

Bangunan ini dahulu menjadi tempat tinggal Dr. M. Sarjito, M.D. yang merupakan rektor pertama UGM yang ketika itu disebut Presiden Universiteit Negeri Gajah Mada pada tahun 1949. Saat ini nama Prof. Dr. dr. Sardjito, M.D., M.P.H., diabadikan sebagai salah satu nama Gedung Kuliah Umum (GKU) yang berada di kampus terpadu UII serta nama Rumah Sakit Umum Pusat yang berada di Yogyakarta.

Bangunan rumah Dr. Sarjito memiliki ciri bangunan bergaya Indis. Ciri khas bangunan tampak dari model atap menggunakan tipe kampung dengan bentuk bubungan yang sangat tinggi dan runcing di bagian ujung. Penutup atap menggunakan genteng vlaam. Pada bagian gunung-gunung terdapat ornamen bentuk geometris dan ventilasi. Dinding terbuat dari pasangan batu bata, ornamen pada dinding luar berupa batu tempel. Pintu berbentuk empat persegi panjang dengan panil kayu yang dikombinasi kaca. Jendela berbentuk empat persegi panjang dengan panil krepyak kayu.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/rumah-tinggal-dr-sardjito-yogyakarta-2/
Comments
Loading...