Rumah Tinggal Ang Sia Padang

0 44

Rumah Tinggal Ang Sia

Bangunan ini sejak awal merupakan tempat tinggal keluarga Ang Sia. Rumah ini didirikan pada tahun 1921. Bangunan ini dimiliki oleh Wiriko Angriawan, lingkungan yang dapat ditemukan sekitar bangunan ini adalah perkantoran, gudang serta rumah tinggal.

Ciri yang dapat dilihat adalah bangunan ini bertingkat dua pada bagian atas bangunan dilengkapi dengan teras yang dibatasi oleh pagar bangunan ini dilengkapi oleh empat tiang, dua tiang merupakan tiang beton dan dua lagi dari kayu. Tiang beton hanya terdapat pada bagian bawah bangunan, tiang beton tersebut berbentuk tiang doria. Bangunan ini bercat kombinasi bewarna hijau dan putih. Namun dari segi kuantitas rumah ini didominasi oleh warna hijau, pada dinding bagian bawah dicat dengan warna putih dan bagian atas dicat dengan warna hijau. Tiang kayu bangunan bewarna hijau, sedangkan tiang doria berwarna putih.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Padang.pdf
Comments
Loading...