Rumah Sutan Syahrir Jawa Barat

0 58

Lokasi Rumah Sutan Syahrir

Rumah Sutan Syahrir terletak di Jalan Linggajati, Desa Linggasana, Kecamatan Cilimus, Jawa Barat.

Rumah Sutan Syahrir

Bangunan Rumah Sutan Syahrir ini memiliki halaman yang luas berukuran sekitar 1 hektar. Halaman dibatasi pagar yang terbuat dari besi. Pada awalnya bangunan ini berfungsi sebagai gudang amunisi Belanda, kemudian bagunan ini difungsikan sebagai kantor CPM sedangkan kepemilikannya dikuasai Depdiknas.

Bangunan Rumah Sutan Syahrir secara keseluruhan berdenah empat persegi panjang. Bagian atap bangunan ini berbentuk limasan dengan tutup genting. Bangunan ini memiliki pondasi yang maif dan pejal serta memiliki ketinggian bangunan sekitar 4 meter. Pada bagian depan terdapat serambi yang menghadap ke arah timur. Di sebelah kiri atau utara bangunan ini juga terdapt serambi yang menghadap ke utara. Di sebelah barat serambi yang menghadap utara terdapat gudang untuk menyimpan amunisi.

Ruang serambi bagian depan bangunan ini memiliki plafon yang tinggi. Di sudut kiri kanan bagian atas serambi terdapat hiasan singa, sedangkan di atasnya terdapat hiasan kaca patri. Ruang serambi bagian depan (timur) menuju ruang dalam (loby) terdapat pintu dengan sisi kiri-kanannya terdapat jendela. Kisi-kisi pada pintu maupun jendela terbuat dari bahan kaca patri.

Di sebelah barat serambi terdapat kamar yang mempunyai jendela berjenis jealose windows, sedangkan di atas jendela terdapat teritisan yang terbuat dari seng. Di bagian dinding tembok terdapat garis-garis horizontal (molding). Tembok dari bahan bata yang diplester dengan semen.

Pada bagian tengah ruang dalam terdapat bidang lengkung yang dihiasi dengan kaca patri pada bagian atasnya. Sekarang ini dinding ruang bagian dalam dipasang lukisan-lukisan Sutan Syahrir. Bangunan ini telah beberapa kali dilakukan renovasi, yang terakhir pada tahun 2002 dilakukan renovasi oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Jawa Barat.

Source Rumah Sutan Syahrir Jawa Barat Jawa Barat
Comments
Loading...