Rumah Sukarno di Bengkulu

0 6

Rumah Sukarno di Bengkulu

Rumah yang pernah ditempati oleh Sukarno bersama Inggit Garnasih dan Ratna Djuami pada 1938 hingga 1942, memiliki angka tahun yang tidak biasa. Pada umumnya angka tahun diletakan di bagian depan rumah. Di rumah yang sekarang berada di Jalan Soekarno-Hatta, RT. 05, RW 02, No. 02, Kelurahan Anggut Atas, Kota Bengkulu ini memiliki angka tahun di sisi kiri rumah atau sisi timur.Tepatnya di sisi luar tangga.

Pada 14 Februari 1938 Sukarno tiba di Bengkulu seorang diri. Sebelum ditempatkan di rumah itu, oleh Pemerintah Hindia Belanda ia ditempatkan di Hotel Centrum. Lokasinya tepat di seberang Bank Indonesia Bengkulu sekarang. Namun sayang hotel ini sudah tidak ada. Kemudian keluarganya menyusul beberapa minggu kemudian.

Sebelum menempati rumah ‘baru’nya di Bengkulu, Sukarno dan keluarga tinggal di satu rumah sederhana di Ende, yang juga menjadi tempat pengasingannya. Tepatnya dari 14 Januari 1934 hingga 18 Oktober 1938. Rumah sederhana itu adalah milik Abdullah Ambuwaru.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ditpcbm/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ditpcbm/angkat-tahun-rumah-sukarno-di-bengkulu/
Comments
Loading...