Rumah Sakit William Booth Surabaya

0 725

Lokasi Rumah Sakit William Booth Surabaya

RS William Booth terletak di Jalan Diponegoro No. 34 Kelurahan Darmo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Rumah Sakit William Booth Surabaya

Menurut sejarahnya, pembangunan RS William Booth ini tidak terlepas dari peran Gereja Bala Keselamatan, sebuah lembaga gereja yang berawal dari sebuah organisasi misi Kristen di kawasan London Timur, Inggris, yang dipelopori oleh William Booth seorang pendeta Metodis pada tahun 1865.

Mulai tahun 1878 organisasi tersebut diberi nama Salvation Army (Bala Keselamatan). Organisasi ini disusun mirip dengan organisasi kemiliteran, petugas-petugas diberi pakaian seragam (putih) serta pangkat, mulai dari jenderal sampai dengan prajurit, Kepercayaan didasarkan atas Injil dan markas besarnya berada di London, Inggris.

Konsep tentang “tentara” datang secara gradual, nama itu lahir dari sebuah inspirasi yang tiba-tiba, beberapa bulan setelah semi-militer konstitusi telah ditentukan sebelumnya. Hal ini bisa dipahami bahwa misi Kristen adalah sebuah tentara volunteer (Volunteer Army) dan William Booth menegaskan bahwa “misi Kristen adalah sebuah tentara keselamatan (Salvation Army). Jadi, William Booth mensintesakan semangat tentara seperti tindakan agresif dan kepemimpinan terpusat di dalam gerejanya dengan semangat evangelisasi (pekabaran Injil).

Rumah Sakit William Booth teus berkembang menjadi lembaga pemberi pelayanan kesehatan masyarakat yang menyeluruh, meliputi aspek peningkatan kesehatan, pencegahan penyakir, pengobatan maupun pemulihan kesehatan. Rumah sakit ini akan selalu memberikan pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan yang paripurna, terstruktur, berkualitas dan mudah terjangkau oleh masyarakat.

Selaras dengan perkembangan pelayanan kesehatan masyarakat dan teknologi kesehatan, Rumah Sakit William Booth Surabaya berupaya menjadi sebuah rumah sakit yang mampu berfungsi sebagai pemberi pelayanan kesehatan masyarakat, informasi kesehatan dan pelayanan sosial di bawah naungan Yayasan Bala Keselamatan Surabaya.

Rumah Sakit William Booth memiliki luas bangunan 5.504 m² yang berdiri di atas lahan seluas 14.540 m². Dari luas bangunan tersebut, terdapat bangunan induk bergaya Amsterdam School dengan dominasi atap dan bukaan yang tinggi serta kubah sebagai penanda ruang penerima (hall) dan ruang lonceng. Kesan lawasmasih terlihat.

Berdasarkan Surat Keputusan Wali Kota Surabaya Nomor 188.45/29/436.1.2/2011 tentang Penetapan Bangunan Gedung Rumah Sakit William Booth Jalan Diponegoro Nomor 34 Surabaya sebagai Bangunan Cagar Budaya, bangunan induk tersebut telah ditetapkan sebagai cagar budaya yang ada di Kota Surabaya.

Source Rumah Sakit William Booth Surabaya Surabaya
Comments
Loading...