Rumah Sakit Umum (RSU) Darmo Surabaya

0 137

Rumah Sakit Umum (RSU) Darmo

Rumah Sakit Darmo didirikan oleh sekelompok orang Belanda yang dipimpin HJ. OFFERHAUS pada tanggal 9 Juni 1897 dan bernama “SOERABAJASCHE ZIEKEN VERPLEGING” (SZV).

Perkumpulan “Soerabajasche Zieken Verpleging” (SZV) membeli sebidang tanah di Jl. Raya Darmo 90 Surabaya dan pada tanggal 15 Januari 1921 dilakukan peletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Darmo oleh Mejuffr G. Hempenius (Directrice SZV).

Pada tanggal 27 Oktober 1945 gedung ini menjadi pusat pertahanan pasukan Brigjen AWS Mallaby dan di depan gedung inilah insiden pertama meletus antara pasukan sekutu dengan arek-arek Suroboyo. Pada masa penjajahan Jepang digunakan sebagai Kamp Interniran Anak-anak dan Wanita. Setelah pasukan Sekutu datang ke Surabaya, kamp ini diambil alih oleh Letkol Rendall. Pada tanggal 27 Oktober 1945 gedung ini menjadi pusat pertahanan pasukan Brigjen AWS Mallaby dan di depan gedung inilah insiden pertama meletus antara pasukan AWS Mallaby dengan pejuang arek-arek Surabaya.

Source https://gpswisataindonesia.wordpress.com https://gpswisataindonesia.wordpress.com/2013/12/23/wisata-sejarah-di-surabaya/
Comments
Loading...