situsbudaya.id

Rumah Sakit Tentara Balikpapan

0 20

Lokasi Rumah Sakit Tentara

Rumah Sakit Tentara  terletak di JL. Tanjungpura, Desa Telaga Sari, Kecamatan Balikpapan Barat, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Rumah Sakit Tentara

Bangunan Rumah Sakit Tentara Balikpapan pada fasad bangunan kini telah direnovasi menjadi bangunan modern, hanya bangunan di bagian belakang yang masih memiliki ciri bangunan Belanda. Rumah sakit ini pada awalnya dibangun oleh Belanda sebagai sarana Kesehatan Militer Belanda pada tahun 1945.

Pada tahun 1950 dilakukan serah terima Rumah Sakit Tentara Belanda kepada DKT STM IV Kaltim. Tahun 1960 dibuka untuk pertama kali sekolah juru kesehatan. Rumah sakit tersebut telah mengalami beberapa kali penambahan gedung baru, dimulai dari tahun 1970 hingga sekarang masih dalam proses perbaikan dan penambahan gedung.

Rumah Sakit Tentara Balikpapan sekarang terdiri dari 51 ruangan kesehatan. Menurut E. Suryana, komponen tiang di lorong rumah sakit masih asli, sebagian besar atap sirap telah diganti dengan seng. Pada bangunan belakang kantor terdapat bangunan yang masih dipertahankan atap sirapnya, namun untuk menghindari kerusakan maka ditutup dengan seng.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/2017/03/rumah-sakit-tentara-balikpapan/
Comments
Loading...