Rumah Sakit Bhakti Timah Pangkalpinang

0 109

Lokasi Rumah Sakit Bhakti Timah

Rumah Sakit Bhakti Timah terletak di Jalan Bukit Baru No. 1, Pangkalpinang, Taman Bunga, Gerunggang, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung 33131.

Rumah Sakit Bhakti Timah

Kepindahan Ibukota Keresidenan Bangka dari Mentok ke Pangkalpinang oleh Belanda pada tahun 1913 menjadikan Kota Pangkalpinang sebagai pusat penambangan Timah di Bangka dari pusat pemerintahan. Komplek Rumah Sakit Bakti Timah Pangkalpinang dibangun pada masa Residen Dournik pada tahun 1920. Bangunan ini berawal dari sebuah Balai Pengobatan yang didirikan oleh Perusahaan Pertambangan Hindia Belanda Banka Tin Winning Bedrif (BTW) sekitar tahun 1900 yang diperuntukkan khusus bagi karyawan perusahaan tersebut. Setelah Belanda meninggalkan Indonesia, tahun 1953 perusahaan tersebut dinasionalisasi oleh pemerintah RI dan menjadi Perusahaan Milik Negara pada tahun 1969 Balai pengobatan ini terus berkembang dan menjadi bagian dari unit usaha PT. Tambang Timah.

Rumah sakit Bakti Timah Pangkalpinang, saat ini sudah mengalami perluasan dan perubahan disesuaikan dengan kebutuhan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Bangunan lama yang dahulu sebagai Balai Pengobatan sampai kini masih terawat dengan baik, bentuk bangunan berdenah empat persegi panjang, berlantai dua. Bangunan berbentuk segi enam. Lantai bawah dilapisi tegel hitam/abu dan lantai atas terbuat dari kayu. Rumah Sakit Bakti Timah merupakan Cagar Budaya Kota Pangkalpinang.

Source Rumah Sakit Bhakti Timah Pangkalpinang Bangka Belitung
Comments
Loading...