Rumah Said Ahmad Kab. Lingga

0 13

Rumah Said Ahmad

Said Ahmad salah satu mantan imam Masjid Sultan Lingga, tetapi tidak diketahui pada masa Sultan siapa. Rumah Said Ahmad mengarah ke barat laut atau ke jalan raya. Rumah ini masih asli tidak dirubah, namun sudah tidak dihuni dan tidak dirawat lagi sehingga beberapa komponen bangunan rumah ini banyak yang rusak. Rumah dengan model arsitektur melayu ini terlihat dari model panggung, komponen bangunan kayu. Tinggi panggung rumah adalah 80 cm, dengan pondasi rumah terbuat dari coran semen. Atap rumah terbuat dari seng dengan bentuk atap bubungan lima.

Rumah ini terdiri dari ruang tamu, ruang tengah, tiga buah kamar, dan serambi belakang. Pintu masuk berjumlah 2 buah, sebuah pintu terdapat di bagian depan yaitu di sisi barat laut dan sebuah pintu lagi terdapat di bagian belakang di sisi tenggara. Bentuk pintu masuk berdaun dua dan terbuat dari papan kayu. Untuk masuk ke ruang tamu terdapat anak tangga sebanyak 3 buah. Ruang tamu berbentuk ruang terbuka tanpa kamar. Pada bagian langit-langit terdapat tempat menggantungkan lampu terbuat dari ukiran kayu berbentuk kelopak bunga.

Di ruangan tamu terdapat 4 buah jendela, yaitu 2 buah masing-masing sebuah jendela berada di dinding sisi barat laut berada di sisi kiri kanan pintu masuk. Sedangkan 2 buah jendela lagi berada di sisi timur laut dan barat daya. Bentuk jendela berdaun dua dan tingginya seperti pintu menyambung sampai lantai tapi diberi jarajak sebagai penghalang di bagian bawahnya. Dari ruang tamu ke ruang tengah terdapat pintu masuk berjumlah 2 buah, masing-masing pintu berdaun dua. Dua buah pintu tersebut letaknya berjajar, menggunakan engsel putar dari dari kayu berbentuk silinder dan pegangan bukaan pintu berbentuk bulat terbuat dari besi. Di bagian ruang tengah berbentuk ruang terbuka yang di sisi barat daya terdapat 2 buah kamar tidur, bentuk pintu kamar tidur sama dengan pintu dari ruang tamu ke ruang tengah.

Jendela di ruangan tengah berjumlah 4 buah, masing-masing satu buah terdapat di masing-masing kamar, sedangkan 2 buah lagi terdapat di dinding sisi timur laut. Dari ruangan tengah terdapat pintu keluar yang berada di bagian tengah dinding sisi tenggara, pintu tersebut berdaun dua dengan bentuk engsel putar dari kayu dan pegangan pintu bulat dari besi. Di bagian belakang terdapat serambi yang sekelilingnya diberi pagar. Pada bagian serambi terdapat sebuah kamar yang berada di sisi tenggara dan sebuah jendela di sisi dinding tenggara. Tangga turun berupa anak tangga sebanyak 3 buah berada di bagian tengah serambi menghadap ke sisi tenggara.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kabupaten-Lingga.pdf
Comments
Loading...