Rumah Raden Saleh, Bangunan Tertua di Menteng yang Kini Memprihatinkan

0 23

Rumah Raden Saleh, Bangunan Tertua di Menteng yang Kini Memprihatinkan

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa salah satu peninggalan tertua di kawasan Menteng adalah rumah Raden Saleh. Bangunan yang kini menjadi cagar budaya tersebut terletak di dalam RS PGI Cikini, Jl Raden Saleh, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat.

Rumah Raden Saleh terletak di sisi tengah rumah sakit, tepatnya di depan taman utama. Bangunan dua lantai berwarna krem itu terlihat klasik dan cantik.

Halaman bangunan beralaskan keramik kuno merah bata dengan beberapa anak tangga melengkung di depannya. Bagian atap sisi utama berbentuk runcing dengan nuansa Eropa. Pintu-pintu bangunan tinggi dan lebar dihiasi ornamen-ornamen menarik.

Bangunan ini merupakan perpaduan gaya Eropa, Arab dan ada juga sentuhan China,” kata anggota Pusat Dokumentasi Arsitektur (PDA) Indonesia.

Salah satu keunikan ornamen adalah relief buah anggur di halaman gedung yang terdiri dari 17 ruangan ini. Ornamen ini tidak lazim karena biasanya arsitek memilih ornamen motif.

Selain itu, bentuk atap yang terdiri dari 3 bagian namun menyatu juga merupakan kesulitan tersendiri bagi arsitek. Rumah Raden Saleh dibangun berdasarkan prinsip ketukangan. Artinya, Raden Saleh tidak menggambar desain secara detail, namun lebih banyak berimprovisasi dan menampilkan nilai-nilai seni yang kuat.

Namun sayangnya kini kondisi gedung tersebut memprihatinkan. Banyak bagian bangunan yang telah rusak, khususnya di lantai 2. Atap bangunan banyak mengalami kebocoran di sana-sini. Lantai kayu di lantai 2 banyak yang telah lapuk dimakan rayap dan berlubang.

Salah satu penyebab kerusakan lantai adalah karena penyesuaian penggunaan gedung. Lantai kayu dilapisi dengan kayu lapis tambahan dan karpet karena selama ini ruangan dipasangi AC. Namun karena atap bocor, karpet menjadi basah dan menyebabkan kayu lapis lembab sehingga banyak dimakan rayap.

Bukan perkara mudah untuk merevitalisasi tempat bersejarah seperti rumah Raden Saleh, karena orisinalitas bangunan harus dipertahankan. Selama ini penelitian yang dilakukan tim juga tidak merusak bangunan. Yakni menggunakan gelombang dan berbagai teknologi terbaru lainnya.

Source https://news.detik.com https://news.detik.com/berita/3197033/rumah-raden-saleh-bangunan-tertua-di-menteng-yang-kini-memprihatinkan
Comments
Loading...