Rumah Putiah Kapalo Hilalang

0 85

Rumah Putiah Kapalo Hilalang

“Rumah Putiah” merupakan salah satu bangunan bersejarah peninggalan kolonial Belanda yang terletak di Korong Rumah Putiah, Nagari kapalo Hilalang, Kecamatan 2 x 11 Kayu Tanam, Kabupaten Padangpariaman. Sisa bangunan dan peninggalan sejarah di kawasan ini memiliki potensi untuk dijadikan objek Wisata Budaya.

Potensi tersebut sudah terlihat oleh Ali Mukhni sebagai kepala daerah sejak awal ditemukannya lokasi tersebut. Ia menugaskan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan koordinasi Dinas Pariwisata beserta instansi terkait untuk pengembangan potensi tersebut sebagai kawasan wisata budaya– tanpa mengabaikan perlindungan maupun pelestarian sejarah kawasan tersebut.

Potensi di kawasan itu bisa dilihat dari sisa peninggalan berupa artefak, seperti fragmen benda keramik berbentuk vas bunga dan piring, batu bata utuh yang masing-masing memiliki cap/watermark di permukaan atas bata. Kemudian temuan non-artefaktual berupa puing bangunan seperti Rumah Putiah (Tuan Semar), Bekas Bangunan Pengintai, Bekas Bangunan Barak Pekerja, Sisa Bangunan PLTA, maupun Sisa Pabrik Pengeringan Kopi.

Tinggalan bangunan kolonial ini sendiri dihubungkan dengan sejarah perkebunan kopi yang pernah ada di lokasi itu. Menurut sejarah, pada awal abad ke-19, terjadi eksploitasi sumber daya alam berupa perkebunan kopi di Nagari Kepalo Hilalang, dikarenakan kondisi tanah yang cocok untuk perkebunan dan jauh dari jalan raya atau berada di hutan.

Source http://www.pariamantoday.com http://www.pariamantoday.com/2017/02/wisata-sejarah-rumah-putiah-kapalo.html
Comments
Loading...