Rumah Potong (Rumah Jagal) Payakumbuh

0 6

Rumah Potong (Rumah Jagal)

Sejak awal pendiriannya bangunan ini difungsikan sebagai tempat pemotongan heawan ternak, ini dapat dilihat dari pola tata ruang bangunan itu sendiri yang dibuat lepas seperti los tampa sekat. Tahun pendirian bangunan ini tidak diketahui secara pasti. Sejak awal pendiriannya bangunan ini difungsikan sebagai tempat pemotongan heawan ternak, ini dapat dilihat dari pola tata ruang bangunan itu sendiri yang dibuat lepas seperti los tampa sekat. Tahun pendirian bangunan ini tidak diketahui secara pasti.

Bangunan ini berdenah persegipanjang dengan atap berbentuk limas terbuat dari seng. Kesan bangunan bergaya kolonial dapat terlihat bagian sisi arah depan tempat masuk berbentuk lengkung setengah lingkaran dan tiang yang berukuran 30 cm x 40 cm serta dinding yang tebal dan kokoh. Kondisi bangunan dalam keadaan baik dan masih difungsikan sebagai rumah potong hewan.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Payakumbuh.pdf
Comments
Loading...