Rumah Pesanggrahan Belanda Riau

0 89

Lokasi Rumah Pesanggrahan Belanda

Rumah Pesanggrahan Belanda terletak di Indragiri Hilir, Riau.

Rumah Pesanggrahan Belanda

Berdasarkan keterangan Bapak Raja Satria rumah pesanggrahan Belanda ini dibangun setelah Rumah Dinas Amir Enok, yakni tahun 1938. Dahulunya rumah ini digunakan sebagai rumah hunian bagi tamu-tamu (pejabat kolonial) yang datang ke Enok. Secara keseluruhan bangunan rumah masih dipertahankan keasliannya kecuali beberapa bagian pintu dan jendela.

Rumah ini berada di sisi barat eks. Rumah Dinas Amir Enok sekitar 10 m. Bangunan ini berdenah persegi panjang dengan komponen utama bahan bangunan adalah kayu. Atap bangunan berbentuk limas terbuat dari seng. Bangunan berbentuk rumah panggung dengan umpak/sandi terbuat dari coran kerikil. Pintu masuk berada di sisi selatan terbuat dari kayu dengan bentuk daun pintu bukaan dua ini terdiri dari 3 ruangan, ruang utama berupa sebuah ruangan lepas, 1 buah kamar tidur, dan 1 buah dapur. Beberapa bagian kayu sudah agak lapuk, terutama di bagian dapur (lantai dan dinding). Sebagian atap juga telah rusak. Dinding bangunan terbuat dari kayu yang dipasang horisontal. Bangunan ini dari awal pembangunan hingga sekarang belum mengalami banyak perubahan.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/2017/07/13/rumah-pesanggrahan-belanda-indragiri-hilir-riau/
Comments
Loading...