Rumah Perjuangan Alri Divisi IV milik H.Abdul Kadir Kalimantan Selatan

0 93

Rumah Perjuangan Alri Divisi IV milik H.Abdul Kadir

Rumah perjuangan Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) divisi IV Pertahanan Kalimantan masih berdiri kokoh di Desa Durian Rabung Kecamatan Padang Batung. Rumah milik H Abdul Kadir ini menjadi bukti sejarah perjuangan Brigjen TNI H Hassan Basry dalam memperjuangkan kemerdekaan Kalimantan dari tangan Belanda.

Di tempat inilah, tepatnya pada 9 Mei 1949, para pemimpin gerilya tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan menggelar rapat untuk menyusun program pemerintahan gubernur tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan.

Saat ini, kondisi rumah masih kokoh berdiri dan terjaga dengan baik. Bentuk rumah dijaga tetap asli meskipun masih sudah dilakukan beberapa kali perbaikan. Bahan kayu sintuk menjadikan bangunan rumah yang dijadikan cagar budaya ini masih terawat dengan baik. Apalagi ada juru pelihara (Jupil) yang merawat rumah ini yakni Rukiyah.

Rukiyah yang merupakan menantu dari keturunan ke lima dari pemilik Rumah bersejarah ini H Abdul Kadir ini mulai merawat rumah itu sejak 1992 lalu. Namun diangkat secara resmi sebagai juru pelihara sejak 2011 lalu. Dikatakannya rumah yang dirawatnya sempat digunakan oleh Brigjen H Hassan Basry untuk melakukan rapat.

Setiap harinya, dia melakukan perawatan rumah ini mulai dari membersihkan rumah baik bagian luar dan bagian dalamnya. Khusus untuk membersihkan lantai rumah dilakukannya setiap harinya. Namun untuk dinding dan kaca rumah dilakukan sepekan sekali.

Untuk menjaga kayu sintuk agar tetap awet, dia menggunakan minyak saat mengepel lantai rumah bersejarah ini. Selain untuk menjaga kekuatan kayu, kondisi lantai juga menjadi terlihat bersih. Khusus untuk perabotan isi rumah bersejarah ini, dikatakan Rukiyah sudah tidak ada yang aslinya. Kursi tempat rapat merupakan reflikanya. Untuk yang aslinya sudah dibawa ke musium di Banjarmasin. Setiap tahunnya, di tempat ini menjadi lokasi menginap pada kegiatan napak tilas 17 Mei yang dilaksanakan oleh Pemkab HSS dan Pemprov Kalsel.

Source http://banjarmasin.tribunnews.com http://banjarmasin.tribunnews.com/2017/05/17/newsvideo-rumah-ini-bukti-sejarah-pertemuan-para-pemimpin-alri-divisi-iv-pertahanan-kalimantan
Comments
Loading...