Rumah peninggalan Rohana Kudus

0 41

Rumah peninggalan Rohana Kudus

Rumah peninggalan Tokoh Perempuan Minangkabau, yang juga seorang wartawati ulet berani, dan tangguh, Rohana Kudus, di Koto Gadang, Kecamatan Ampek Koto, Agam, segera dipugar. Rumah dimaksud merupakan sebuah cagar budaya di Sumatera Barat.

Disebutkan, Rohana Kudus sudah diusulkan menjadi Pahlawan Nasional kepada Pemerintah Pusat. Bahkan Organisasi PKK Provinsi Sumatera Barat juga sudah mengusulkan kembali, tapi sampai saat ini belum ada penetapan.

Dikatakan, Rohana Kudus adalah sosok Tokoh Perempuan Minangkabau yang memiliki peran sangat besar dalam memotivasi Perempuan Minang, melalui usaha, dan pendidikannya. Beliau lahir 20 Desember 1884, di Koto Gadang, Kecamatan IV Koto, Agam, dan meninggal di jakarta, 17 Agustus 1972. Beliau dikenal sebagai seorang wartawati yang ulet dan gigih.

Hal itulah yang mendorong Pemkab Agam, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, berkomitmen untuk mengembangkan cagar budaya itu menjadi Museum, seperti halnya Museum Buya Hamka, di Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya.

Source http://berita.baca.co.id http://berita.baca.co.id/17790940?origin=relative&pageId=a3f40e66-f8e1-4598-80c3-3dceb2574215&PageIndex=2
Comments
Loading...